photo '..from NoWhere to SomeWhere..' by ak
..karena belajar adalah kewajiban dan kebutuhan seumur hidup.. ...karena kebaikan adalah energi + yang tak lekang oleh waktu...

Kamis, 27 Desember 2007

Lagu Cinta anak-anak kita : Lay2..lay2..lay2..........

~~
...
Oo..oow..
Kamu ketahuan
Pacaran lagi.. dengan dirinya...
...
~~

Kini sudah sering kita dengar lagu-lagu cinta asmara, rindu dendam, kisah kasih, bahkan tentang selingkuhan, dinyanyikan dengan lancar oleh anak-anak balita kita.
Kuatir ? Iya.
Mengerikan ? tidak perlu.
Melarang ? terserah anda. (tapi bisakah? :P)

Saya merasa tidak perlu kelabakan berlebihan jika anak saya menyanyikan lagu di atas. Sejak saat Peter Pan muncul dulu ,lalu Ungu, sampai penggalan lagu di atas datang.
Saya yakin, anak-anak itu bernyanyi bukan karena menyimak makna lirik nya, atau bahkan sekedar mengerti sekalipun. Mereka hanya menirukan lagu. Menikmati hentakannya. Tapi bukan menjiwainya.
Mereka hanya tertarik pada beat-beatnya. Tapi tidak memaksudkannya untuk mengungkapkan atau menggambarkan isi hatinya (beda kalo mereka nanti sudah ABG).


Namun tidak berarti, kita lantas membiarkan anak-anak larut dalam 'kecentilan' yang diborbamdir pasar hiburan. Tetap perlu filter, perlu pendampingan, arahan dst. Juga keseimbangan, mungkin penguatan. Keseimbangan untuk memberinya hiburan yang lebih mengena, lebih bermakna. Penguatan untuk dibekali lagu-lagu yang merangsang kecintaan pada keruhanian.

Jangan lupa juga, lagu-lagu nasional juga perlu. Mereka juga suka loh... Kan lagu 'Maju tak Gentar', dan 'Halo-Halo Bandung'* enak sambil buat loncat2 :) (*sayang, Halo2 Madura gak ada ya:D)

Ada faktor lain yang membuat saya tidak terlalu kwatir, bahkan tersenyum dan mengacungi jempol : kreativitas.
Bukan kreativitas si anak menyanyikan lagu-lagu itu, tapi bagaimana kita membelokkan lirik lagu dengan tema yang lebih mendidik.
Misal, seperti yang diajarkan bu Guru di TK anak saya :

~
...
Lay..lay.. lay..lay..lay..lay..
Makan roti pake selai

Lay..lay..lay..lay...lay..lay..
Ayo solat jangan lalai..
...
~

nha.. menarik kan ? (thanks lo bu Guru :))
Bagaimana, anda tertarik menjadi 'plesetor' ? (tukang mem-plesetkan lagu untuk kepentingan anak :))

2 komentar:

Anonim mengatakan...

cak kholis ...

anakku yo seneng yen di setelno lagune matta band iki
padahal isih umur 9 bulan :)

tapi alhamdulillah yo seneng di setelno lagune letto, lagune opick

salim s
http://www.salimsuharis.com
http://easyearndollar.blogspot.com

AK Tontowi mengatakan...

9 bulan wis iso menikmati lagu, wah hebat iku. Mungkin niru bapake sing pinter, kreatif + rajin ngBlog (loh, gak hubungan yo?:D).

Kalo anakku satunya yg 7 bulan, baru bisa 'merem2' kalo ditempelin earphone, mgkin kalo speaker biasa sik dianggep suara berisik kali yoo ? hehe..