photo '..from NoWhere to SomeWhere..' by ak
..karena belajar adalah kewajiban dan kebutuhan seumur hidup.. ...karena kebaikan adalah energi + yang tak lekang oleh waktu...

Sabtu, 29 Desember 2007

Orisinalitas dan (tidak) Pentingnya Blog ini buat Anda

Apakah tulisan-tulisan di sini orisinil?
Saya jamin iya, sampe sekarang.
Maksudnya saya menulis, tepatnya mengetiknya, sendiri :). Kecuali yg memang pure copy-paste ataupun link, itupun insyaAllah pasti saya sertakan dengan sumbernya.

Apakah ide-ide dalam tulisan di sini orisinil?
Saya tidak bisa jamin 100% iya.
Ide-ide saya hanyalah pemahaman pribadi saya dari sedikit yang saya baca, saya lihat, obrolkan.
Itu pun pasti terpengaruh oleh pengalaman subyektif hidup saya, lingkungan tempat saya hidup, belajar dan bekerja. Dan seterusnya.
Mungkin saya terpengaruh tuturan orang2 tua & ustadz2 saya dulu di desa waktu kecil. Sedikit sedikit (gak sengaja :)?) meniru gaya dan cara pandang 'guru2 bangsa' saya, misal can Nun
--itupun kalau tepat hehe. Mungkin agak sedikit2 teknikal karena background kuliah dan pekerjaan saya. Tapi mungkin juga sedikit baur dengan pandangan2 orang sosial, karena
walaupun sejak sekolah menengah dulu sudah di IPA dan teknik, kecenderungan ketertarikan masalah sosial saya juga sudah muncul sejak sekolah dasar (saya inget dulu pernah
menohok guru dengan pertanyaan soal 'orang2 kolong jembatan'--mungkin akan ada di tulisan lain).

Lalu kalau cuman seperti itu, apa pentingnya blog ini buat anda?
Tidak.. Blog ini mungkin tidak terlalu penting buat anda.
Tapi cukup penting buat saya hehe...

Blog ini jadi penting buat anda, kalau anda berkenan berbagi di sini. Berkenan memberi saya dan pembaca lain pandangan yang lebih baik dan jernih. Dan hal-hal semacam itu.
Blog ini juga bisa penting buat anda kalau ternyata, ya ternyata, ia bisa memberi sedikit saja tambahan ilmu -ah bukan, terlalu tinggi, mungkin sedikit 'rasa lain' saja dari pandangan yang ada.
Karena toh meskipun sudah diulang-ulang di media lain, mungkin ceritanya mirip, tapi kan bahasanya tetap bahasa yang saya susun :).
Jadi semacam sesi latihan soal di sd/smp dulu : "coba ungkapkan kisah tersebut dengan bahasa kamu sendiri"... hehe..

Bagaimana kalau ternyata blog ini bener-bener tidak penting buat anda?
Ya sudah, sampun.
Paling tidak anda bisa bilang pada temen2 sebelah atau netmates anda bahwa ada 'blolek' (blog jelek) yang bisa mereka kunjungi untuk sekedar mereka compare dengan blog masing2, dan akan demikian seterusnya, sehingga mereka (pangkat n) itu jadinya semakin PD untuk berblogria, atau jangan2 semakin penasaran kenapa disebut 'blolek' dan akan membacanya
se-kategori demi kategori untuk menemukan dan memperbaiki kelemahannya, atau jangan2 akhirnya menikmatinya... :)

Tidak ada komentar: