photo '..from NoWhere to SomeWhere..' by ak
..karena belajar adalah kewajiban dan kebutuhan seumur hidup.. ...karena kebaikan adalah energi + yang tak lekang oleh waktu...

Selasa, 29 Januari 2008

IT4Madrasah @yahoogroups.com, Diluncurkan


Hari ini tanggal 29 Januari 2008 ~ 21 Muharram 1429H, sebuah milis beralamat di IT4Madrasah@yahoogroups.com diluncurkan. IT4Madrasah artinya "Information Technology for Madrasah".

Milis ini bertujuan untuk mengembangkan IT di Madrasah/Pesantren2 di Indonesia. Milis pada awalnya diprakarsai oleh dosen sekaligus senior penulis, Bapak Agus Zainal, SKom, PhD, yang berbakti di Fakultas Teknologi Informasi, ITS Surabaya.

Untuk awal (tentative), penulis membuat dan bertindak sebagai Admin group ini. Semoga visi dan misi milis ini bisa tercapai. Dukungan dari anda juga diharapkan, dalam bentuk apapun. Jadi, silahkan bergabung di :

Subscribe IT4Madrasah
Lihat group IT4Madrasah

Berikut adalah prakata dari milis ini:
_____________
Bismillaah al-Rahmaan al-Rahiim

Madrasah dan pondok pesantren adalah sekolah agama yang perannya bagi bangsa dan negara RI tidak bisa diragukan lagi, sejak perjuangan kemerdekaan, hingga detik ini. Hanya saja, nasibnya tidak semujur lembaga pendidikan yang lain. Fasilitasnya, pembelajarannya, bahkan pengetahuan ITnya sangat ketinggalan.

FYI, 2006 lalu pemrakarsa coba mendownload program-program pembelajaran FREE berbahasa Arab. Sekaligus bersama teman coba buatkan user guidenya pula (dalam Bahasa Indonesia). Alhamdulillah, usaha kecil ini disambut luar biasa. Ribuan copy telah tersebar di seluruh tanah air. Lalu 2007 diadakan beberapa training pemakaian software tersebut di tanah air, misalnya Boyolali, Sidoarjo, Probolinggo, Tulungagung, dll.

Sebenarnya tidak hanya software-software itu saja yang bisa kita introduce ke madrasah dan pesantren. Insya Allah masih banyak ide-ide segar yang masih bertengger di pikiran cemerlang rekan-rekan civitas akademika/praktisi/pemerhati/peneliti IT dan seterusnya. Misalnya bagaimana kalau sedikit demi sedikit mengenalkan IT dalam rangka mengatasi masalah akademik, menyusun data base santri, manajemen keuangan, digital library, pengajarannya, dsb. Kita punya moodle, joomla, dan lain-lain untuk dimanfaatkan buat tujuan tersebut.

Keanggotaan milis ini terbuka buat siapa saja yang berniat dengan tulus ikhlas urun rembuk/menyumbang dalam bentuk apapun dan sekecil apapun, untuk kepentingan salah satu pilar pendidikan masyarakat ini.

Scopenya adalah untuk kepentingan pengembangan IT (dan mungkin teknologi secara umum) di Madrasah & Pesantren.

Demikian, semoga bermanfaat dan diridhoi Allah

3 komentar:

smile mengatakan...

Ayoo kita majukan islam...

Anonim mengatakan...

Wah bagus juga, biar tidak ketinggalan teknologi. Ide yang bagus.

AK Tontowi mengatakan...

thanks temen2, dukungannya.
Monggo segera gabung saja ke milisnya, tidak harus langsung kontribusi sesuatu sih, mungkin paling tidak bisa info ke temen2 sebelah dulu.

Sudah ada beberapa agenda awal yang sudah memerlukan sentuhan kita2 kok :)